Apa Itu Alamat Website

   Setiap website di internet mempunyai alamat tertentu. Biasana alamat website mempunyai hubungan dengan lembaga atau organisasi pemilik website tersebut. Misalnya saja, http//www.itb.ac.id milik institut Teknologi Bandung, www.kompas.com milik harian kompas.Namun sebagian alaman website diberi nama sesuai dengan tujuan atau informasi yang ditampilkan di website tersebut, misalnya; www.lyrics.com, website yang menyimpan likrik-lirik lagu, http//ticketing.keretaapi.com, website untuk mencari informasi ticket kereta api, dan sebagainya.
   Sebuah alamat website merupakan kombinasi dari protokol yang digunakan, nama host, dan nama domain. Nama domain sendiri dapat terdiri dari perusahaan atau nama website beserta kode-kode yang menjelaskan asal dan bentuk organisasi dari pemilik website tersebut.
   Untuk memudahkan mengenali alamat website, penamaan alamat website diberi nama domain, yaitu abjad yang ditambahkan setelah nama website. Nama domain daat saja berupa negara, lembaga, atau organisasi.
  Selain itu, Kita juga dapat melihat nama direktori dan nama file dari halaman web di address bar. Misalnya saja, kita akan melihat alamat di bawah ini.
http://www.itb.ac.id/pascasarjana/syarat_pendaftaran.htm.
Alamat URL di atas dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Protokol yang digunakan:http
2. Nama komputer host: www
3. Nama domain lever kedua:itb
4. Nama domain level pertama: ac.id (akademik di Indonesia)
5. Nama diktori:pascasarjana.
6. Nama file: syarat_pendaftaran.htm.